Mengakali Passability Pada Ceiling Tile

[VXAce] Tutorial Version 1.0



Level : Beginner

Ada yg pernah dapat kejadian seperti itu saat ingin ngemap semacam cliff begitu dengan dekorasinya? Sebenarnya kejadian seperti itu bukanlah bug, tapi seperti itulah cara kerja RPG Maker dalam menghandle passability dari tile-tilenya. Tile yg berada di posisi terbawah (ground tile) mendapatkan prioritas terendah dalam hal passability, kemudian prioritas kedua adalah ceiling tile (tile yg biasa jadi pembatas gitu seperti tembok rumah ato ga pinggiran cliff), dan prioritas teratas ada pada tile di posisi Tileset B sampai E. Jadi walaupun ground tile passabilitynya diset ke X sedangkan tile diatas dari ground tile passabilitynya diset ke O, maka cek passability akan mengikuti prioritas yg sudah dijelaskan tadi. Jadi walaupun ada lubang yg ga passable tapi kalo dipasangin rumput liar diatasnya lubang, pastilah lubang tersebut bisa dilewati. Disini saya akan mengajarkan bagaimana mengakali passability di tile prioritas teratas agar bisa "menghargai" passability tile di prioritas terbawah.

Pertama kita akan menggunakan sebuah script yg bakal ngecek kembali passability tanpa harus ngecek prioritas tilenya. Scriptnya adalah Shaz - Ignore Layer Passability 1.0. Kemudian pasang script itu di tempat yg benar.

Sekarang waktunya konfigurasi tile yg passabilitynya bakal diabaikan oleh script. Liat kembali screenshot awal, karena tile bunga dan tile rumput player bisa melewati ceiling cliff tile yg seharusnya tidak passable. Sekarang saatnya kita pasang terrain tag nomor 1 ke tile bunga dan tile rumput tersebut biar passabilitynya diabaikan (liat lagi sumber scriptnya untuk konfigurasi).
Tile rumput diberi terrain tag nomor 1
Tile bunga diberi terrain tag nomor 1
Test lagi map kamu dengan settingan baru ini, dan cek lagi apakah player masih bisa nembus tile dengan terrain tag 1 ato tidak.
Kalau sudah tidak bisa lewat berarti kamu sudah berhasil mengakali sesuatu yg terlihat seperti sebuah bug dalam hal mapping di RPG Maker.

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat.

3 comments

Oh ! When I look to the creen short I though it was a tutorial about how to make a bubble message in player head ! >.<
Anyway ! Good tutorial ! Thanks for posting !

Make Own Game | Free RPG Games for PC

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous mod

Metode belajarnya nyaman. Ini tutorial sekelas newbie kan ya? kaya nintendo :v

Reply

Post a Comment