RPG Maker Character Basic Knowledge

[Multi] Tutorial Version 1.0


Level : Beginner

Setiap versi RPG Maker mempunyai basis karakter yang berbeda-beda. Disini saya akan memberikan informasi tentang perbedaan karakter dari setiap seri RPG Maker.

RPG Maker 2000 :

Silahkan baca di bagian RPG Maker 2003 untuk lebih detailnya.

RPG Maker 2003 :

RPG Maker seri ini memakai charset sebanyak 8 buah dalam satu file charset, dengan basis 4 baris dan 2 kolom. Untuk setiap 1 buah character didalam charset, mempunyai gambar berukuran 3 x 4, dengan 3 kolom dan 4 baris

RPG Maker XP :

RPG Maker seri ini tidak memakai kumpulan charset yang dijadikan dalam sebuah file seperti seri sebelumnya. XP memakai individual charset dengan ukuran 4 x 4, 4 baris dan 4 kolom.

RPG Maker VX :

RPG Maker seri ini menggabungkan kumpulan charset dari RPG Maker 2003 dan juga individual charset dari XP, jadi kamu bisa memilih mau pake characterset dengan format RM 2003 atau format RMXP.
Format charset RM2003

Format individual charset RMXP
Sepertinya untuk individual charsetnya VX tidak seperti XP karena VX hanya memakai 3 kolom sementara XP memakai 4 kolom. Dan juga, untuk penamaan individual charset seperti XP dan VX agar bisa terbaca oleh RM kamu bisa mempelajarinya disini. Individual charset ini tidak berlaku di RPG Maker 2000 dan 2003.

RPG Maker VXAce :

Silahkan baca bagian RPG Maker VX untuk lebih detail.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, untuk charset milik RM2000 dan RM2003 memiliki kesamaan, jadi charset RM2000 bisa dipake di RM2003 begitu juga sebaliknya, dengan size berapapun. Sementara untuk RMXP terhadap RMVX dan RMVXAce memiliki kesamaan dan sedikit perbedaan pada bagian kolomnya.
Jadi, gimana donk kalo saya mau pake charnya XP di VX/VXAce? Charnya XP kan gede-gede dibandingin dengan VX/VXAce yang chibi-chibi banget. :3
Untuk char milik VX bisa dipake di VXAce, begitu juga sebaliknya, dengan size berapapun. Tapi, untuk char milik XP jika mau dipake di VX/VXAce, char tersebut harus melalui proses pengeditan.

  
Dengan pengeditan seperti diatas, maka char XP berganti format ke char VX. Jangan khawatir dengan ukurannya yang tidak chibi, karena jika penamaan filenya sudah benar, maka RM akan otomatis membaca gambar dengan simetris. Asalkan kamu motong gambarnya yang simetris juga, kalo ga paling bakalan ada garis-garis aneh ntar digambarnya. :v
Untuk char VX/VXAce yang akan dipake di XP, prosesnya bukan dipotong, tapi ambil bagian tengah dari char, copas lalu letakkan di ujung sebelah kiri sebagai pengganti kolom pertama dari char XP.
Charnya XP kurang besar, saya mau pake yang lebih gede lagi dari ukuran charnya XP.
Ingat yah, kamu disini contohnya mau pake char dengan settingan XP yang memakai settingan individual charset, jadi jangan lupa tanda $ didepan nama char. Dan juga seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, selama potongan kalian terhadap char tersebut simetris, maka RM akan membacanya secara simetris juga. Ini contoh char slime dari XP yang sudah saya potong. Perhatikan baik-baik ukuran gambarnya.

144 x 192 pixel bukanlah ukuran normal dari char VX/VXAce. Ukuran normal dari char VX/VXAce adalah.


Tapi perhatikan baik-baik. Kedua individual charset itu menggunakan tanda $ didepan dari namanya, dengan itu RMVX/RMVXAce akan membaca charset tersebut sebanyak 3 kolom dan 4 baris. Misalkan kita pake charset slime seperti contoh diatas. Dengan size seperti itu, maka settingan nama $ akan membuat RMVX/RMVXAce membaca :
144 / 3 = 48 pixel
192 / 4 = 48 pixel
Jadi, setiap pergerakan char tersebut di dalam RM akan dibaca sebanyak 48 x 48 pixel setiap frame pergerakannya, dengan total 12 frame pergerakan (3 x 4 = 12, 1 buah gambar didalam individual charset dihitung 1 frame pergerakan).
Kebanyakan orang yang make char XP itu pastilah rada-rada aneh dengan char default dari VX/VXAce yang terlihat chibi banget, imut lagi, jadi mereka make yang besar-besar kaek XP gitu. :v

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat.

Post a Comment