Event Trigger

[VXAce] Tutorial Version 1.0

Level : Beginner
 
Tutorial ini saya buat untuk para pemula yang belum tau tentang bagaimana event trigger bekerja. Sesuai dengan gambar diatas, event trigger/pemicu event dibagi dalam 5 kategori tersebut, dimana event akan bekerja hanya jika pemicunya terpenuhi. Untuk penjelasan trigger dari setiap kategori tersebut silahkan liat gambar :
Udah jelas banget yah gambarnya? :v
Kalo ga jelas tanya google. :3
Tapi bakalan lebih jelas lagi kalo setiap trigger dibuatin contohnya.



- Action Button :

Event akan aktif ketika player menekan tombol konfirmasi (Z, Spasi, atau Enter) pada event tersebut.Contohnya event harta karun. Peti harta karun akan terbuka saat triggernya Action Button.
Peti belum terbuka.

Saat tekan tombol konfirmasi, peti terbuka.

 

- Player Touch :

Event akan aktif saat player menyentuh event tersebut. Contohnya event lantai berduri, yang jika player menyentuhnya (disentuh aja, ga perlu nekan tombol konfirmasi), hp player berkurang.
Event belum disentuh player.

Saat disentuh, HP player berkurang 10.

Lihatlah, HP player berkurang 10 (bandingkan dengan screenshot HUD sebelumnya).


- Event Touch :

Event akan aktif saat ada event lain yang menyentuh event tersebut. Saya ga tau gimana ngasih contohnya. :v

- Autorun :

Event akan aktif saat event tersebut kondisinya terpenuhi untuk berjalan. Contohnya event prolog, kita ga perlu pasang kondisi apapun untuk menjalankan event tersebut, tinggal set triggernya ke autorun, dan saat event tersebut dibaca, event akan langsung berjalan.

- Parallel Process :

Event akan aktif saat event tersebut kondisinya terpenuhi untuk berjalan. Event dengan trigger parallel process akan terus berjalan selama event tersebut ada dan kondisinya terpenuhi. Kalau dalam map ada event dengan trigger autorun dan parallel process, keduanya akan berjalan bersamaan, tapi sebelum event autorun aktif, event parallel process yang akan lebih dahulu aktif, dan akan terus aktif sampai event tersebut tidak ada/terhapus atau ada kondisi lain yang tidak terpenuhi sebagai syarat jalannya event parallel process itu. Hati-hati menggunakan event parallel process, mereka banyak memenuhi memory karena eventnya jalan tak henti.

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat.

Post a Comment