Yami Battle Engine Symphony Bow Tag

[VXAce] Help Version 1.0


Yami sebenarnya sudah membuat sebuah guide untuk membuat tag senjata bow yang benar disini. Tapi saya pribadi tidak terlalu mengerti dengan guide yang sudah Yami berikan (penjelasannya terlalu detil tanpa menyertakan contoh sedikitpun). Dan buktinya, banyak Symphony User (termasuk saya) yang jarang berhasil membuat tag untuk senjata bow yang benar. Disini saya akan membantu siapa saja Symphony User yang belum berhasil dalam membuat tag senjata bow yang benar.


Di notebox senjata bow kamu, masukkan tag seperti ini :
<target action>
icon create: user, weapon
icon effect: user, weapon, angle, 45
icon effect: user, weapon, cur_x 12
wait: 4
icon create: user, arrow, hand, 6554
icon effect: user, arrow, rotate, 90, 24
icon throw user: target, arrow, 16, 24, wait
icon delete: user, arrow
attack animation: target, wait
attack effect: whole
icon delete: user, weapon
</target action>
Penjelasan singkat dari tag diatas, <target action> digunakan karena serangan dari senjata tersebut berbentuk serangan physical. Disitu ada icon effect, sebenarnya efeknya sama dengan kamu menuliskan icon doank. Tapi saya menulis icon effect karena faktanya saya menemukan tag untuk efek ikon yang dimana kita diperbolehkan untuk menulis icon doank ato pake icon effect.
Jadi, penjelasan sequence untuk tagnya adalah sebagai berikut :
icon create: user, weapon
Menggambar sebuah objek ikon baru (icon create) pada pemakai (user). Ikon yang digambar adalah ikon senjatanya (weapon).
icon effect: user, weapon, angle, 45
Untuk ikon dengan simbol weapon, saya akan memberikan efek perubahan sudut ikon tersebut sebesar 45 derajat dari posisi ikon sebenarnya (karena ikon bow di iconset tampaknya miring, jadi dikasih perubahan sudut biar posisinya lurus).
icon effect: user, weapon, cur_x 12
Untuk ikon dengan simbol weapon, saya akan memberikan efek pergeseran koordinat x (cur_x) ke posisi 12 pixel dibelakang dari koordinat sebelumnya (berarti bakalan geser 12 pixel ke kanan layar).
wait: 4
Kasih jeda waktu selama 4 frames sebelum lanjut ke tag berikutnya.
icon create: user, arrow, hand, 6554
Sekarang saya akan membuat sebuah objek ikon baru  (icon create) pada pemakai (user) dengan nama arrow. Ikon akan digambarkan pada tangan sang pemakai (hand). Ikon yang digambar adalah ikon index ke 6554 di iconset (ganti dengan ikon indexmu yang kamu pakai untuk gambar arrownya).
icon effect: user, arrow, rotate, 90, 24
Untuk ikon dengan simbol arrow, saya akan membuat efek perputaran (rotate) sudut sebanyak 90 derajat. Efek perputaran sudut tersebut berlaku selama 24 frames lamanya.
icon throw user: target, arrow, 16, 24, wait
Sekarang saya akan melempar ikon dengan simbol arrow yang berasal dari pemakai (user). Ikon dilempar setinggi 16 derajat dalam lintasan parabola, berlangsung selama 24 frames lamanya. Selama aksi pelemparan ikon berlangsung, saya harus menunggu sampai selesai (wait).
icon delete: user, arrow
Ikon dengan simbol arrow tadi saya hapus karena sudah mengenai target.
attack animation: target, wait
Sekarang sang target akan terkena animasi attack normal yang animasinya diambil dari animasi yang digunakan untuk weapon itu sendiri. Animasi akan berlangsung dan saya harus menunggu sampai selesai (wait).
attack effect: whole
Efek dari serangan (kalkulasi damage, critical hit, evasion rate, dll) akan diperhitungkan disini.
icon delete: user, weapon
Karena saya sudah selesai menyerang, maka ikon dengan simbol weapon akan saya hapus.

Lihat baik-baik versi tag saya. Tag saya ada bagian seperti ini :
icon effect: user, arrow, rotate, 90, 24
icon throw user: target, arrow, 16, 24, wait
Sebenarnya ini adalah hasil dari guide Yami yang dibagian ini (saya pertama terbalik masang tagnya) :


Dan untuk bagian ini :
attack effect: whole
Saya menggunakan attack effect karena yang saya gunakan disini adalah serangan biasa dari weapon sang user, sementar versi Yami dia menggunakan :
skill effect: whole
Saya tidak tau apa perbedaannya, tapi sepertinya karena attack effect untuk weapon serangan biasa, jadi terlihat lebih pantas kalo menggunakan attack effect. Skill effect sebaiknya digunakan untuk skill saja, mengingat untuk skill effect bakalan ada perhitungan untuk MEV (Magical Evasion Rate), sementara untuk attack effect bakalan ada perhitungan untuk EVA (Evasion Rate). Bagian yang ini hanya hipotesis saya saja, tapi memang untuk jaga-jaga pakailah attack effect untuk serangan weapon biasa, dan skill effect untuk serangan skill.

Sekian bantuan dari saya, semoga bermanfaat.

Post a Comment