Yami Battle Engine Symphony Gun Tag

[VXAce] Help Version 1.0



Defaultnya sebenarnya tidak ada tag untuk senjata gun (Yami memang tidak mau buat atau gimana saya juga tidak tau pastinya). Tapi disini saya mencoba membantu para Symphony User yang belum tau cara membuat tag untuk senjata gun.


Pertama-tama kita butuh sebuah ikon untuk gun ,
sebuah ikon untuk pelurunya
dan sebuah database animasi yang menyimpan bunyi untuk gun tersebut (untuk bunyi gun attack silahkan download disini. Masukkan gambar gun dan pelurunya ke iconset kamu, dan catat indexnya. Indexnya akan digunakan di tag nantinya.

Kemudian, di notebox senjata gun kamu, masukkan tag seperti ini :
<target action>
icon create: user, weapon
icon effect: user, weapon, angle, 45
wait: 4
animation 112: user
icon effect: user, weapon, rotate, -15
icon create: user, bullet, hand, 6486
icon effect: user, bullet, rotate, 45, 40
icon throw user: target, bullet, 0, 30, wait
icon delete: user, bullet
attack animation: target, wait
attack effect: whole
icon delete: user, weapon
</target action>
Seperti biasa, saya memakai tag <target action> karena serangannya adalah serangan physical. Penjelasan untuk sequence tagnya adalah sebagai berikut :
icon create: user, weapon
Menggambar sebuah objek ikon baru (icon create) pada pemakai (user). Ikon yang digambar adalah ikon senjatanya (weapon).
icon effect: user, weapon, angle, 45
Untuk ikon dengan simbol weapon, saya akan memberikan efek perubahan sudut ikon tersebut sebesar 45 derajat dari posisi ikon sebenarnya (karena ikon gun di iconset tampaknya miring, jadi dikasih perubahan sudut biar posisinya lurus).
wait: 4
Kasih jeda selama 4 frames sebelum lanjut ke tag berikutnya.
animation 112: user
Inilah sebabnya tadi saya membuat sebuah animasi tanpa gambar dan hanya berisi SE saja. Animasi itu digunakan untuk membunyikan efek pergerakan dan penembakkan gun. Animasi dibuat disisi pemakai (user).
icon effect: user, weapon, rotate, -15
Untuk ikon dengan simbol weapon, saya akan membuat efek perputaran (rotate) sudut sebanyak -15 derajat dan tidak perlu menunggu untuk selesai merotatenya. Ini juga sebabnya saya meletakkan animasi bunyi duluan sebelum merotate ikonnya, supaya terlihat bersamaan proses bunyi dan pergerakan nembaknya.
icon create: user, bullet, hand, 6486
Sekarang saya akan membuat sebuah objek ikon baru (icon create) pada pemakai (user) dengan nama bullet. Ikon akan digambarkan pada tangan sang pemakai (hand). Ikon yang digambar adalah ikon index ke 6486 di iconset (ganti dengan ikon indexmu yang kamu pakai untuk gambar bulletnya, di project saya ikon index ke 6486 adalah ikon peluru yang sama dengan saya share diatas).
icon effect: user, bullet, rotate, 45, 40
Sama seperti rotate untuk ikon dengan simbol weapon, karena posisi gambar pelurunya miring, maka saya memberikan efek perputaran ikon sebesar 45 derajat selama 40 frames supaya pelurunya terlihat lurus saat mencapai target.
icon throw user: target, bullet, 0, 30, wait
Sekarang saya akan melempar ikon dengan simbol bullet yang berasal dari pemakai (user). Ikon dilempar setinggi 0 derajat dalam lintasan parabola (ikon dilempar dalam sudut 0 derajat karena tidak ada peluru yang melambung tinggi terus jatuh pada target lol), berlangsung selama 30 frames lamanya. Selama aksi pelemparan ikon berlangsung, saya harus menunggu sampai selesai (wait).
icon delete: user, bullet
Ikon dengan simbol bullet tadi saya hapus karena sudah mengenai target.
attack animation: target, wait
Sekarang sang target akan terkena animasi attack normal yang animasinya diambil dari animasi yang digunakan untuk weapon itu sendiri. Animasi akan berlangsung dan saya harus menunggu sampai selesai (wait).
attack effect: whole
Efek dari serangan (kalkulasi damage, critical hit, evasion rate, dll) akan diperhitungkan disini.
icon delete: user, weapon
Karena saya sudah selesai menyerang, maka ikon dengan simbol weapon akan saya hapus.

Ingat saja, untuk serangan weapon yang physical, sebaiknya pake attack effect: whole. Kalo ingin memakainya pada skill, maka gunakan skill effect: whole

Sekian bantuan dari saya, semoga bermanfaat.

Post a Comment