[Multi] Tutorial Version 1.0
Level : Intermediate
Kebanyakan dari kita tidak tau teknik yang benar untuk mempercepat mendapatkan item. Contoh saja kalo kalian membuat sebuah cheat yang ketika cheat itu aktif, maka semua item bisa didapatkan player. Pasti kalian ngetik kayak cara diatas kan (yang ada change items blablabla sampe semuanya diketikin). Nah disini saya mengajarkan kalian cara cepat untuk mendapatkan semua item tersebut tanpa harus memboroskan pemakaian event command dan memboroskan waktu.
RPG Maker XP
Untuk RPG Maker XP, kalian bisa menggunakan script call seperti ini
Script call untuk mendapatkan seluruh item yang ada di database |
Script call untuk mendapatkan seluruh weapon yang ada di database |
Script call untuk mendapatkan seluruh armor yang ada di database |
RPG Maker VX
Untuk RPG Maker VX, kalian bisa menggunakan script call seperti ini
Script call untuk mendapatkan seluruh item yang ada di database |
Script call untuk mendapatkan seluruh weapon yang ada di database |
Script call untuk mendapatkan seluruh armor yang ada di database |
RPG Maker VX Ace
Script call buat VXAce sama dengan script call yg dipake di VX
Explanation
Penjelasan singkat dari script call tersebut akan dijelaskan baris per baris
for i in 0..$data_items.size
for i in 0..$data_weapons.size
for i in 0..$data_armors.sizeSingkat saja, itu $data_items, $data_weapons, $data_armors, mengambil data yg bersangkutan dari database. .size gunanya untuk array for, mengambil jumlah data yg ada didalam $data_ yang diketikkan tadi. for i in 0...$data_items.size, berarti selama ada data yg didapatkan didalam database items, maka perintah array dibawahnya akan dijalankan. ID dari $data_items selama eksekusi array bakalan disimpan dalam variabel i didalam array.
$game_party.gain_item($data_items[i], 50)
$game_party.gain_weapon($data_weapons[i], 50)
$game_party.gain_armor($data_armor[i], 50)Sintaks diatas berarti party yang bersangkutan bakalan dapat item/weapon/armor dengan ID i. Item/weapon/armor dengan ID i bakalan didapatkan sebanyak 50 buah.
endMenutup array yang bersangkutan
Di XP kok lain yah? Di XP mesti ada tambahan .id dibagian $game_party.gain_blablabla nyaWell karena kalo tanpa .id, XP bakalan ngebaca $data_blablabla secara keseluruhan, sementara di script call didalam script editor, XP membutuhkan ID yang harus dideklarasikan sendiri.
Liat kan ada item_id, weapon_id, armor_id? Itulah ID nya. Sekarang kita bandingkan dengan script call di editor VX
Dan di VXAce
Perbedaan yg mencolok ada pada tulisan item.id. item.id bakalan otomatis ngambil ID dari $data_blablabla yang bersangkutan, sementara XP tidak otomatis kaek gitu. XP butuh identifier lebih yang harus dinyatakan lewat .id.
Itu di XP arraynya mulai dari angka 1, sementara di VX ama VXAce mulai dari angka 0Oh yang itu? Ga masalah mulai dari 0 atau 1 seh, soalnya secara default RGSS bakalan ngebaca array urutan ke 0 di database itu adalah array kosong (nil). Kan yg ada di database mulai dari angka 1.
Lha terus ngapain tulis beda kaek gitu?Nyari sensasi doank. Lol
Itu juga di XP arraynya pake 2 buah tanda titik (..) sementara di VX ama VXAce pake 3 buah tanda titik (...)Yang itu saya lupa penjelasannya gimana. #hammer Tapi ga masalah seh mau pake 2 titik atau 3 titik, kan ga ada errornya. Kalau udah saya dapat penjelasannya bakalan saya update lagi.
Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat.
2 comments
pakai cara lama gak usah utak atik script call :v /
Replyanonim : sebenernya cuman buat efisiensi waktu dan tempat seh kalo make script call. ane ngajari hal yg kaga biasa #sahh lol biar unik gitu. yowes silahkan mau pake cara lama ato pake cara script call, alternatif kok kalo ga mau ribet :)
ReplyPost a Comment